Selasa, 13 Januari 2009

KATA PENGANTAR

Kata Pengantar


Cukup banyak sebenarnya materi dalam mata pelajaran bahasa Sunda, yang disusun menjadi buku oleh para penerbit, yang beredar di pasaran, untuk dijadikan sebagai buku pegangan bagi guru maupun para siswa, dalam mata pelajaran basa Sunda ini, sehingga sebenarnya tidak akan terjadi kekurangan, materi yang akan diberikan kepada para siswa, khususnya para siswa di SMK I Angkasa ini.
Akan tetapi setelah mempelajari beberapa buku materi yang ada di pasaran ini, tidak ada satupun buku tersebut dapat dipakai seluruhnya di SMK I Angkasa ini, artinya dari seluruh buku yang ada di pasaran, hanya ada beberapa bagian saja yang bisa atau cocok dipakai, tetapi sebagiannya yang lain malah kurang pas apabila diterapkan langsung seutuhnya.
Dari beberapa kekurangan ini, sengaja disusun materi "Garis-garis Besar Program Pengajaran" ini, yang isinya merupakan saduran dari buku-buku materi yang ada di pasaran tersebut, artinya dari tiap buku yang ada, sengaja diambil beberapa bagiannya saja yang dikira cocok untuk diterapkan di SMK I Angkasa ini. Dengan digaris bawahi bahwa materi GBPP ini tidak untuk diperjualbelikan, karena apabila diperjualbelikan bisa termasuk sebagai karya plagiat dari karya orang lain.
Adapun penyajian materi di ruang kelas, tidak seluruh modul ini diberikan langsung kepada siswa, tetapi diberikan masing-masing satu materi pengajaran, harapannya agar tidak memberatkan para siswa, terutama para orang tua siswa untuk membeli buku materinya, tetapi disarankan untuk bisa memfoto copy, setiap penggantian materi, disamping agar guru dapat memberikan materinya seolah-olah selalu "up to date". Disisi lain agar guru dapat mengevaluasi tiap kelas yang diasuhnya.
Karena dari masing-masing kelas, prakteknya di lapangan tidak selalu harus sama dengan kelas yang lain, disesuaikan dengan antusias para siswanya masing-masing. Artinya seorang guru bisa memberikan metode yang berbeda-beda di masing-masing kelasnya sesuai dengan kondisi masing-masing kelas.


Tidak ada komentar: